Pembahasan Tentang e-Goverment, e-Business, e-Learning, e-Health dll
e-Government
e-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
e-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
E-learning
E-learning adalah electronic learning, merupakan kumpulan pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.
E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
E-Health
Menurut Caludia Pagliari, David Sloan, dan Peter Gregor pengertian E-Helath adalah penggunaan jaringan informasi dari teknologi telekomunikasi terutama internet untuk meningkatkan kulitas pelayanan kesehatan. E-Health adalah pemanfaatan teknologi informasi yang berhubungan dengan kesehatan, E-Helath berguna untuk memberikan informasi kesehatan,baik berupa obat dari setiap penyakit,sampai dengan info-iinfo yang berhubungan dengan pemberitahuan jenis-jenis penyakit.
Sehingga definisi E-Health dari berbagai sumber adalah E-Health merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. E-Health memiliki arti yang luas bukan hanya sekedar internet atau dotcom saja. eHealth merupakan solusi Enterprise di bidang kesehatan karena melibatkan banyak pihak mulai dari masyarakat sampai dengan Produsen Obat/Farmasi. Electronic Medical Records (EMR) merupakan bagian fundamental dari eHealth. EMR memberikan fasilitas sharing data medical record antar institusi kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, dll).
Layanan e-Health terdiri dari 5C yaitu: content, connectivity, commerce, community, dan clinical care. Bagi beberapa orang ditambah menjadi 6 yaitu computer applications. Fungsi dari E-Health adalah menggambarkan kemampuan unik Internet yang memungkinkan pengiriman pelayanan kesehatan yang merupakan karakter dari telehealth dan telemedicine. Hasilnya, e-Health menyebabkan pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien, membuat pasien dan professional dapat melakukan hal yang sebelumnya mustahil menjadi dapat dilakukan melalui Internet.
E-Employment
Employment adalah suatu hal yang berhubungan semuanya dengan kerja, entah itu pekerjaannya, tempat kerjanya, lapanga kerjanya, lamaran kerja dan lain-lainnya. Jadi Employment selalu berhubungan dengan pekerjaan. E-Employment adalah suatu hubungan yang memanfaatkan teknologi dengan memanfaatkan sebuah jaringan internet ataupun media social yang berkaitan dengan kerja, baik lapangan kerja, tenaga kerja dll yang memberikan informasi melalui teknologi tersebut.
E-Environtment
environment yang berarti lingkungan (lingkungan hidup, lingkungan keluarga, lingkungan desa dan sebagainya). e-Environment (elektronik environment) merupakan pengembangan teknologi dan informasi guna melestarikan lingkungan. Keuntungan dari e-Environment adalah bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini, dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat ikut serta dalam program pelestarian alam.
E-Agriculture
Survei dilakukan pada akhir tahun 2006 oleh Organisasi Pangan dan Agriculture Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) menemukan bahwa setengah dari mereka yang menjawab diidentifikasi "agriculture e" dengan informasi, akses diseminasi dan pertukaran, komunikasi dan proses partisipasi seluruh perbaikan pembangunan pedesaan. Sebaliknya, kurang dari sepertiga menyoroti pentingnya perangkat keras alat-alat teknis dan teknologi.
E-Agriculture, menggambarkan bidang yang muncul berfokus pada peningkatan pembangunan agriculture dan pedesaan melalui informasi yang ditingkatkan dan proses komunikasi. Lebih khusus, e-agriculture melibatkan konseptualisasi, desain, pengembangan, evaluasi dan penerapan cara-cara inovatif untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam domain pedesaan, dengan fokus utama pada agriculture.
Sehingga definisi E-Agriculture dari berbagai sumber yaitu :
E-Agriculture adalah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pertanian. Pemanfaatan ini dapat dilakukan disemua aktivitas pertanian, mulai dari proses produksi sampai pada pemasaran hasilnya. Pemanfaatan TIK dapat meliputi berbagai aspek baik itu perangkat telekomunikasi,komputer ataupun perangkat lunaknya. Tentunya dengan e-Agriculture ini diharapkan TIK dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang ada.
Fungsi dari E-Agriculture yaitu melayani sebagai katalis untuk institusi dan individu di bidang pertanian dan pembangunan pedesaan untuk berbagi pengetahuan, belajar dari orang lain, dan meningkatkan pengambilan keputusan penting tentang peran TIK untuk memberdayakan masyarakat pedesaan, meningkatkan mata pencaharian pedesaan, dan membangun pertanian berkelanjutan dan makanan keamanan.
E-Science
E-Science pertama kali diciptakan oleh John Taylor, Direktur Jenderal Britania Raya pada tahun 1999. Diartikan lebih luas sebagai penerapan teknologi komputer untuk usaha penyelidikan ilmiah modern, termasuk persiapan, eksperimen, pengumpulan data, hasil diseminasi, dan penyimpanan jangka panjang dan aksesibilitas dari semua bahan yang dihasilkan melalui proses ilmiah. ini mungkin termasuk pemodelan data dan analisis, elektronik / notebook laboratorium digital, baku dan dilengkapi set data, naskah produksi dan versi draft, pra-cetak, dan cetak dan / atau publikasi elektronik.
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
E-learning
E-learning adalah electronic learning, merupakan kumpulan pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.
E-learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
E-Health
Menurut Caludia Pagliari, David Sloan, dan Peter Gregor pengertian E-Helath adalah penggunaan jaringan informasi dari teknologi telekomunikasi terutama internet untuk meningkatkan kulitas pelayanan kesehatan. E-Health adalah pemanfaatan teknologi informasi yang berhubungan dengan kesehatan, E-Helath berguna untuk memberikan informasi kesehatan,baik berupa obat dari setiap penyakit,sampai dengan info-iinfo yang berhubungan dengan pemberitahuan jenis-jenis penyakit.
Sehingga definisi E-Health dari berbagai sumber adalah E-Health merupakan aplikasi teknologi komunikasi dan informasi yang mencangkup keseluruhan cakupan fungsi yang mempengaruhi sektor kesehatan. E-Health memiliki arti yang luas bukan hanya sekedar internet atau dotcom saja. eHealth merupakan solusi Enterprise di bidang kesehatan karena melibatkan banyak pihak mulai dari masyarakat sampai dengan Produsen Obat/Farmasi. Electronic Medical Records (EMR) merupakan bagian fundamental dari eHealth. EMR memberikan fasilitas sharing data medical record antar institusi kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, dll).
Layanan e-Health terdiri dari 5C yaitu: content, connectivity, commerce, community, dan clinical care. Bagi beberapa orang ditambah menjadi 6 yaitu computer applications. Fungsi dari E-Health adalah menggambarkan kemampuan unik Internet yang memungkinkan pengiriman pelayanan kesehatan yang merupakan karakter dari telehealth dan telemedicine. Hasilnya, e-Health menyebabkan pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien, membuat pasien dan professional dapat melakukan hal yang sebelumnya mustahil menjadi dapat dilakukan melalui Internet.
E-Employment
Employment adalah suatu hal yang berhubungan semuanya dengan kerja, entah itu pekerjaannya, tempat kerjanya, lapanga kerjanya, lamaran kerja dan lain-lainnya. Jadi Employment selalu berhubungan dengan pekerjaan. E-Employment adalah suatu hubungan yang memanfaatkan teknologi dengan memanfaatkan sebuah jaringan internet ataupun media social yang berkaitan dengan kerja, baik lapangan kerja, tenaga kerja dll yang memberikan informasi melalui teknologi tersebut.
E-Environtment
environment yang berarti lingkungan (lingkungan hidup, lingkungan keluarga, lingkungan desa dan sebagainya). e-Environment (elektronik environment) merupakan pengembangan teknologi dan informasi guna melestarikan lingkungan. Keuntungan dari e-Environment adalah bisa membantu melestarikan lingkungan yang ada di negara ini, dapat mempromosikan kekayaan alam yang dimiliki oleh masing-masing daerah dan dapat ikut serta dalam program pelestarian alam.
E-Agriculture
Survei dilakukan pada akhir tahun 2006 oleh Organisasi Pangan dan Agriculture Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) menemukan bahwa setengah dari mereka yang menjawab diidentifikasi "agriculture e" dengan informasi, akses diseminasi dan pertukaran, komunikasi dan proses partisipasi seluruh perbaikan pembangunan pedesaan. Sebaliknya, kurang dari sepertiga menyoroti pentingnya perangkat keras alat-alat teknis dan teknologi.
E-Agriculture, menggambarkan bidang yang muncul berfokus pada peningkatan pembangunan agriculture dan pedesaan melalui informasi yang ditingkatkan dan proses komunikasi. Lebih khusus, e-agriculture melibatkan konseptualisasi, desain, pengembangan, evaluasi dan penerapan cara-cara inovatif untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam domain pedesaan, dengan fokus utama pada agriculture.
Sehingga definisi E-Agriculture dari berbagai sumber yaitu :
E-Agriculture adalah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pertanian. Pemanfaatan ini dapat dilakukan disemua aktivitas pertanian, mulai dari proses produksi sampai pada pemasaran hasilnya. Pemanfaatan TIK dapat meliputi berbagai aspek baik itu perangkat telekomunikasi,komputer ataupun perangkat lunaknya. Tentunya dengan e-Agriculture ini diharapkan TIK dapat dijadikan sebagai alat untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang ada.
Fungsi dari E-Agriculture yaitu melayani sebagai katalis untuk institusi dan individu di bidang pertanian dan pembangunan pedesaan untuk berbagi pengetahuan, belajar dari orang lain, dan meningkatkan pengambilan keputusan penting tentang peran TIK untuk memberdayakan masyarakat pedesaan, meningkatkan mata pencaharian pedesaan, dan membangun pertanian berkelanjutan dan makanan keamanan.
E-Science
E-Science pertama kali diciptakan oleh John Taylor, Direktur Jenderal Britania Raya pada tahun 1999. Diartikan lebih luas sebagai penerapan teknologi komputer untuk usaha penyelidikan ilmiah modern, termasuk persiapan, eksperimen, pengumpulan data, hasil diseminasi, dan penyimpanan jangka panjang dan aksesibilitas dari semua bahan yang dihasilkan melalui proses ilmiah. ini mungkin termasuk pemodelan data dan analisis, elektronik / notebook laboratorium digital, baku dan dilengkapi set data, naskah produksi dan versi draft, pra-cetak, dan cetak dan / atau publikasi elektronik.
referensi :
- http://arfigo.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-e-commerce-e-learning-e.html
- http://www-fajarlighting.blogspot.co.id/2012/02/pengertian-dari-e-commerce-e-business-e.html
- http://jhonsonpie.blogspot.co.id/2011/12/e-learning-e-health-e-agriculture-dan-e.html
- http://jhonsonpie.blogspot.co.id/2011/12/e-learning-e-health-e-agriculture-dan-e.html
- http://blizzardtomi.blogspot.co.id/2016/11/defenisi-e-government-e-business-e.html
- http://kelompok9etika.blogspot.co.id/2012/11/e-government.html
- http://sitihadjar.blogspot.co.id/2016/11/e-government-e-business-e-learning-e.html
Komentar